school and education

 

Bahasa : Indonesia  | English  | Portal 

Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Rencana dan Strategi (RENSTRA)di Sekolah Dasar

Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Rencana dan Strategi (RENSTRA)di Sekolah Dasar

WhatsApp Image 2019 11 21 at 16.10.32

Kamis, 21 November 2019, Dosen Universitas Buana Perjuangan Karawang Anggy Giri Prawiyogi, M.Pd dan Guru PNS Purwakarta Annita Rosalina, M.Pd telah menjadi narasumber dalam kegiatan seminar Pendidikan dan Pelatihan Penyusunan Rencana dan Strategi (RENSTRA)di Sekolah Dasar di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

WhatsApp Image 2019 11 21 at 16.10.31 1 

Menurut Anggy Giri Prawiyogi, M.Pd “Senang sekali bisa berbagi ilmu dan silaturahmi dengan mahasiswa S2 Pascasarjana UPI, karena bisa mengamalkan ilmu yang dulu saya peroleh waktu kuliah S2 di UPI ini. Selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui cara penyusunan RENSTRA yang baik untuk Sekolah Dasar”.

WhatsApp Image 2019 11 21 at 16.10.31

“Penyusunan Renstra (Strategic Planning) tentunya memiliki manfaat bagi sebuah organisasi khususnya bagi Sekolah dalam bidang Pendidikan, Pemilihan tujuan-tujuan organisasi yang ada disekolah, penentuan strategi dan program-program strategi akan memberikan arahan yang tepat mana saja metode-metode yang diperlukan untuk menjamin bahwa strategi dan kebijaksanaan yang telah disusun dapat diimplementasikan dengan baik”.

WhatsApp Image 2019 11 21 at 16.10.30

Selanjutnya beliau juga menambahkan “Renstra bagi suatu organisasi sangat krusial, karena tanpa strategi dalam mengelola organisasi, seorang pimpinan seolah-olah melangkah dalam ketidakpastian. Renstra merupakan faktor internal yang penting untuk dipertimbangkan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan, karena menentukan kekomprehensifan, kekoherenan, dan keseimbangan rencana jangka panjang dan rencana jangka pendek yang dihasilkan oleh organisasi. Manajemen dengan segala keahliannya dituntut untuk menyusun strategi yang cocok untuk organisasi yang dipimpinnya”.