school and education

 

Bahasa : Indonesia  | English  | Portal 

Pelatihan Mahasiswa Inovasi Pembelajaran Pancasila Yang Menyenangkan dan Bermakna Berbasis Kecerdasan Holistik

Pelatihan Mahasiswa Inovasi Pembelajaran Pancasila Yang Menyenangkan dan Bermakna
Berbasis Kecerdasan Holistik

WhatsApp Image 2019 11 15 at 13.58.34

Kamis, 14 Nopember 2019 Prodi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Buana Perjuangan Karawang telah melaksanakan Pelatihan Mahasiswa Inovasi Pembelajaran Pancasila Yang Menyenangkan dan Bermakna Berbasis Kecerdasan Holistik di Kampus UBP Karawang. Kegiatan ini di ikuti oleh 111 mahasiswa Prodi PPKn angkatan 2017, 2018, dan 2019.

WhatsApp Image 2019 11 14 at 08.45.45

Pelatihan ini, ditujukan untuk mahasiswa dengan tujuan merubah pola pikir terhadap pendidikan Pancasila yang tentunya sangat bermanfaat bagi mahasiswa prodi PPKn yang akan dicetak sebagai Guru PPKn setelah mereka selesai dalam menyelesaikan studi perkuliahan S1 yang sedang di ampu. Adapun dengan kegiatan pelatihan inovasi pembelajaran pancasila ini sangat membantu mahasiswa untuk  membuka wawasan dan pemikiran mereka secara Emosional, Spiritual dan Intelektual pada dirinya secara pribadi maupun sebagai makhluk sosial yang diharapkan menjadi sosok insan manusia yg tauladan dalam pergaulan masyarakat berbangsa dan bernegara.

WhatsApp Image 2019 11 15 at 13.58.36

Open mainded mahasiswa dalam inovasi pembelajaran pancasila sangat dibutuhkan karena untuk mengubah paradigma bahwasanya Pembelajaran Pancasila itu yang awalnya membosankan menjadi sangat menyenangkan dan bermakna jika dikemas dengan Inovasi dan kreativitas guru PPKn dengan tujuan  mencetak generasi penerus bangsa yang bisa berguna bagi Nusa dan bangsa dalam prespektif kecerdasan emosional, spiritual dan intelektual.

WhatsApp Image 2019 11 15 at 13.58.35

Menurut Lusiana Rahmatiani, S. Pd., M. Pd. “Saya selaku Dosen Pendamping Mahasiswa (DPM) HIMA PPKN yang sekaligus menjadi ketua pelaksana dalam kegiatan tersebut sangat berbangga dan berbahagia bisa mengadakan kegiatan tersebut dengan persiapan yang sangat singkat. Kegiatan Pelatihan Mahasiswa ini dapat berjalan dengan baik tentunya atas bantuan dari berbagai pihak, Dekan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Buana Perjuangan Karawang, Kaprodi PPKn Universitas Buana Perjuangan Karawang, HIMA PPKn Universitas Buana Perjuangan Karawang yang sangat kooperatif dalam membantu dan  mensukseskan acara kegiatan pelatihan mahasiswa prodi PPKn. Kegiatan ini merupakan Kerjasama antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Buana Perjuangan Karawang dengan Fakultas Filsafat UGM Yogyakarta. Dengan Narasumber Dr. Heri Santoso sebagai Kepala Laboratorium Filsafat Nusantara UGM dan Surono, MA sebagai Peneliti Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM”.

WhatsApp Image 2019 11 15 at 13.58.33

Menurut Ketua Program Studi PPKn UBP Karawang Yogi Nugraha, S.Pd., M.Pd “Mudah-mudahan acara tersebut dapat menambah ilmu bagi mahasiswa dalam mengimprovisasi proses pembelajaran agar lebih bermakna dan dapat diterima dengan baik oleh peserta didiknya nanti ketika sudah terjun di sekolah untuk mengajar. Dengan dilatihnya mahasiswa secara intelektual, emosional, kinestetik diharapkan mahasiswa dapat menyeimbangkan aspek ketiganya tersebut. Dalam hal ini juga dapat menjalin kerjasama antara Prodi PPKn FKIP UBP Karawang dengan Fakultas Filsafat UGM Yogyakarta”.